19 Oktober 2014

NASI JAGUNG

Nasi Jagung adalah suatu makanan khas Indonesia ,tepatnya di Madura yang terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya.Nasi jagung adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura.Walaupun demikian ,nasi jagung terkenal didaerah - daerah pedesaan,sebab orang – orang desa turut mengkonsumsi nasi tersebut.selain di jawa (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Nasi Jagung juga menjadi konsumsi masyarakat di Flores ,Sumba dan Timor karena merupakan makanan yang mudah dan sederhana untuk dimasak.
 









Untuk membuat nasi jagung diperlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak, karena prosesnya tidak sesingkat memasak nasi biasa. Berikut adalah cara membuat nasi jagung.


  • Tumbuk Jagung sampai menjadi beras jagung.
  • Cuci beras jagung sampai bersih dan rendam dalam air selama tiga hari tiga malam
  • Cuci kembali beras jagung yang telah direndam dan ditiriskan
  • Tumbuk beras jagung hingga menjadi halus
  • Campur beras jagung dengan air sesuai takaran (Jika menggunakan 1 kg maka airnya 500ml)
  • Masak beras jagung hingga matang

Setelah matang, nasi jagung yang dihasilkan akan lebih pera dan lebih kering dari nasi beras biasa. Walaupun demikian, hal yang perlu diperhatikan dalam memasak jagung ialah sifat jagung yang banyak menyerap air sehingga takaran air yang digunakan harus dipertimbangkan, yakni diberikan lebih banyak.
Gizi Nasi Jagung
Nasi Jagung dinilai memiliki nilai gizi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasi beras. Nasi Jagung lebih kaya akan vitamin (Vit. A, B1, B6, B12, C dan E), mineral (Folat, Kalsium, Fosforr, Natrium, Zink) dan serat.Dalam nasi jagung, gizi yang paling tinggi terkandung ialah Magnesium  (Mg).Mengkonsumsi Magnesium membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit diabetes dan darah tinggi.Walaupun demikian, bagi mereka yang tidak cocok mengkonsumsi jagung (bahan-bahan yang diolah dari jagung termasuk nasi jagung) dapat menimbulkan flatus atau buang angin.

Harga nasi jagung ini sangat murah,tergantung dengan lauk yang dipilih,semakin banyak lauk ,ya semakin mahal,ya kurang lebihnya nasi jagung ini sekitar Rp.10.000 per porsinya.

Selamat mencoba  ^ _ ^






2 komentar: