22 Oktober 2014

RENGGINANG



 

Rengginang adalah penganan sejening kerupuk, tebal, terbuat dari beras ketan matang yang dimasak matang bersama bumbu-bumbunya, dikeringkan dengan panas matahari kemudian digoreng. Jadilah penganan yang gurih dan renyah garing. Rengginang lebih popular didesa-desa sebagai snack ringan dimeja makan bahkan disajikan sebagai snack di meja tamu. Saat ini ada berbagai macam rasa rengginang dibuat oleh para pengrajin penganan jenis ini. Seperti rengginang udang, rengginang tiram dan lain-lain 


Resep Cara Membuat Rengginang Ketan Renyah Gurih


Bahan Membuat Rengginang Ketan Renyah Gurih:
  • 800 gr beras ketan
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • 300 ml air mendidih

Cara Membuat Rengginang Ketan Renyah Gurih :

  1. Rendam beras ketan selama 3 jam. Angkat, tiriskan. Kukus dalam dandang panas selama 30 menit sampai ketan setengah matang. Sisihkan.
  2. Masukkan bawang putih dan garam ke dalam air mendidih, aduk-aduk sampai larut. Masukkan ketan, masak sampai air terisap habis oleh ketan.
  3. Lalu pindahkan ketan sudah berbumbu tadi ke dalam dandang, kukus selama 25 menit sampai matang. Angkat, keluarkan ketan dari dandang.
  4. Selagi ketan masih panas, cetak tipis-tipis dengan menggunakkan cetakan bundar berdiameter 4 cm atau sesuai selera.
  5. Jemur di bawah panas terik matahari, bolak balik ketan sampai benar-benar kering merata.
  6. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Goreng rengginang sampai rengginang mekar dan renyah. Angkat, tiriskan. Simpan dalam toples.


Menggoreng Rengginang paling baik menggunakan minyak banyak dan panas. Jemur rengginang hingga kering kemudian goreng hingga mengembang matang. Gunakan api sedang hingga rengginang matang sempurna. Ada juga rengginang yang sekarang dibuat ready to fry tanpa proses jemur lebih dahulu. Rengginang jenis ini memudahkan kita mengolahnya langsung meski cuaca sedang hujan sekalipun.

Harga camilan ini perbungkusnya Rp.25.000 berisi 40 rengginang,untuk rengginang  yang biasa .
Sedangkan untuk rengginang yang ada campuran ikan ( lorjhu' ) dengan rasa yang lebih enak .yaitu harganya Rp.35.000 perbungkus dengan isi yang sama yaitu 40 rengginang.hanya selisih Rp.1000 saja dengan rengginang yang biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar